Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kampanyekan Stunting Di Kecamatan Katibung, Winarni Ajak Seluruh Warga Desa Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Sejak Dini

Senin, 13 Juli 2020 | Senin, Juli 13, 2020 WIB Last Updated 2020-07-13T09:42:37Z

KATIBUNG, Mediapromoter.id – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan kembali lakukan Road Show Pencegahan dan Penanganan Stunting, Senin (13/7/2020).

Berlokasi di Kecamatan Katibung Hj. Winarni Nanang Ermanto hadir bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin, Fasilitator Provinsi PATBM dan KLA (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat dan Kabupaten/Kota Layak Anak), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Anasrullah, Kabid PAUD, Ahmadin, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Katibung, para Ka. UPT Dinas Kesehatan Kecamatan Katibung, para Kades dan para Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Katibung.

Pada kegiatan Road Show dan Sosialisasi Stunting tersebut digiatkan Mengkonsumsi Gizi Seimbang dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan sehat (PHBS). Dimana hal tersebut menjadi dasar pokok utama dalam mengkampanyekan Pencegahan dan Penanganan Stunting di Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Winarni memaparkan kepada para Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa dan para Kader-kader Posyandu tentang Program Swasembada Gizi Menuju Lampung Selatan Bebas Stunting.

“Ada Lima Program Swasembada Gizi Menuju Lampung Selatan Bebas Stunting yakni, Pertama, pelayanan KIA yaitu memastikan ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di 1.000 hari pertama kehidupan dan melahirkan.

Kedua, pelayananan Gizi yaitu seluruh Desa menyediakan pelayanan gizi di Posyandu dan memastikan masyarakat berperilaku mengkonsumsi Gizi seimbang.

Ketiga, pelayanan air minum dan sanitasi dengan memastikan seluruh masyarakat mengkonsumsi air minum yang sehat dan berkualitas serta memiliki jamban sehat.

Keempat, pelayanan sosial yaitu dukungan pengembangan ekonomi mandiri untuk pemenuhan gizi berkelanjutan dengan pemanfaatan pekarangan rumah dan menggerakan kepedulian sosial.

dan Kelima, pelayanan PAUD dengan mengedukasi para orang tua dan anak didik PAUD untuk berperilaku gizi seimbang serta menyediakan makanan bergizi disetiap layanan PAUD.

Lakukan kelima gerakan ini maka Kabupaten Lampung Selatan bebas stunting,” pungkas Winarni.

Saat itu Winarni juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama bergotong royong bersama-sama mengentaskan Stunting di Kabupaten Lampung Selatan dengan target mewujudkan Lampung Selatan Bebas Stunting Tahun 2023.

Winarni juga menegaskan kepada seluruh Kades dan Ketua TP PKK Desa Se-Kecamatan Katibung agar dapat memberikan informasi kepada warganya untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak-anak.

“Agar anak-anak sebagai Generasi Penerus Bangsa yang kuat, cerdas dan memiliki SDM yang mampu bersaing terhadap dunia luar, untuk itu para Kades dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Katibung agar dapat mencegah sedini mungkin kekerasan terhadap anak-anak”, cetus Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan tersebut.

“Saya berharap kepada seluruh orang tua untuk tidak lagi melakukan kekerasan teradap anak, lakukan cara terbaik untuk menegur kesalahan anak dengan tidak menggunakan kekerasan,” Jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan menandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan Program Swasembada Gizi di Kecamatan Katibung dan meninjau pelaksanaan Pelayanan di Posyandu Melati IV, Posyandu Melati I, dan Posyandu Melati VII Desa Tanjung Agung Kecamatan Katibung.(Suwandi)
×
Berita Terbaru Update