Poktan Desa Tanjung agung dan Tanjung Ratu Kec. Katibung Lamsel Gelar Gardal Hama Wereng Padi -->

Header Menu

Poktan Desa Tanjung agung dan Tanjung Ratu Kec. Katibung Lamsel Gelar Gardal Hama Wereng Padi

Mediapromoter
Senin, 24 Agustus 2020



Lampung Selatan, mediapromoter.id - Kelompok tani Sidomuncul Desa Tanjung agung dan Kelompok Tani Harapan Makmur 3 Desa Tanjung Ratu Kecamatan Katibung Lampung Selatan melakukan Gerakan Pengendalian Gardal hama Wereng pada tanaman padi, (25/08/2020) .

Hal ini sebagai mana yang disampaikan oleh Hi.Suparman S.p selaku Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Kecamatan Katibung saat dikonfirmasi via Handphone membenarkan bahwa ada Kegiatan Gardal wereng coklat tanaman padi di Desa Tanjung Agung dan Desa Tanjung Ratu,

"Pagi tadi di Kelompok Tani Sidomuncul Desa Tanjung Agung dan Kelompok tani Harapan Makmur 3 telah dilakukan Gerakan Pengendalian(Gardal) hama Wereng Coklat pada tanaman padi secara serentak seluas 150 Ha, " jelasnya.

Menurut Suparman, tujuan dilakukan Gardal ini untuk mengendalikan hama wereng Coklat agar tidak menyebar dan memutus siklus hidupnya.Tindakan ini efektiv dilakukan, bila tanaman padi sudah ada tanda tanda terserang hama atau sebelum terlambat untuk ditanggulangi.

Kegiatan Gardal hama Wereng Coklat dilakukan atas usulan dari kelompok tani yang disampaikan ke UPT Pertanian dan diajukan ke Provinsi melalui Balai Proteksi.

"Pada saat Gardal padi tadi, saya tidak bisa hadir bersama petani melakukan penyemprotan. Karna kebetulan ada tamu dari Balai Provinsi yang harus saya dampingi di Dusun Kupang Curup Desa Tanjung Ratu.Tetapi kegiatan tersebut sudah dihadiri oleh PPL Indra Gunawan dan Sumarman serta KUPT Mahmud Sp dengan para petani yang tergabung dalam kelompok tani di kedua Desa tersebut, " ungkapnya.

Lanjutnya, adapun jenis obat yang dibantu kepada kedua Kelompok tani itu berupa dua jenik Insektisida yakni:Buprosida 100 EC dan Venop 60 WP dengan kapasitas 150 Ha.

Kepala UPT Pertanian Kecamatan Katibung Hi.Mahmud Sp saat dikonfirmasi membenarkan bahwa tadi pagi telah dilakukan Gardal hama Wereng Coklat pada tanaman padi di Desa Tanjung Ratu dan Tanjung Agung,untuk lebih jelasnya, ia menyarankan agar menghubungi Suparman Selaku POPT Kecamatan Katibung,

(Suwandi)