11 Orangutan Sumatera Korban Perdagangan Ilegal Satwa Liar Internasional Berhasil di Pulangkan -->

Header Menu

11 Orangutan Sumatera Korban Perdagangan Ilegal Satwa Liar Internasional Berhasil di Pulangkan

Mediapromoter
Kamis, 17 Desember 2020



Jakarta, Mediapromoter.id -  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar RI Kuala lumpur dan Kedutaan Besar RI Bangkok telah berhasil memulangkan 11 (sebelas) orangutan sumatera (Pongo abelii) yang terdiri dari 9 (sembilan) orangutan dari Malaysia dan 2 (dua) orangutan dari Thailand. 


Kesebelas orangutan merupakan korban perdagangan ilegal satwa liar internasional yang berhasil disita oleh pihak berwenang setempat.


Dua orangutan yang akan dipulangkan dari Thailand berjenis kelamin jantan dan betina, saat ini telah berusia 6 tahun dengan berat rata-rata 25 kg.


Sedangkan sembilan orangutan dari Malaysia terdiri dari 4 orangutan jantan dan 5 orangutan betina dengan berat rata-rata 15-20 kg, berusia sekitar 6-7 tahun.


Memperhatikan bahwa 2020 merupakan momentum peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Pemerintah RI dan Pemerintah Thailand,  maka pemulangan orangutan ini dijadikan salah satu tanda hubungan dan kerjasama yang baik antara Pemerintah RI dan Pemerintah Thailand dalam konservasi keanekaragaman hayati.