Lapor Bupati!!!, Jembatan Sungai Banding Agung Pekon Waykerap Jebol dan Membahayakan Keselamatan Warga -->

Header Menu

Lapor Bupati!!!, Jembatan Sungai Banding Agung Pekon Waykerap Jebol dan Membahayakan Keselamatan Warga

Mediapromoter
Kamis, 10 Desember 2020

Tanggamus, Mediapromoter.id - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir melanda sungai Waykerap Kecamatan Semaka, Tanggamus, derasnya arus banjir mengikis tanggul dan pondasi jembatan yang ada di Pedukuhan Banding Agung, Kamis (10/12/2020).

Terpantau jelas lobang yang menganga di atas jembatan akibatnya kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati saat berkendaraan dan harus bergantian saat melintasi jembatan tersebut demi keselamatan warga yang melintas.

Jembatan sungai Banding Agung adalah satu-satunya akses penghubung yang paling vital bagi warga Pedukuhan Banding Agung.


Lisnawati warga sekitar kepada kantor mediapromoter.id mengatakan bahwa akibat hujan yang mengguyur sehari semalam tiada henti mengakibatkan banjir dan mengikis pondasi jembatan.

"Pondasinya ambrol dan terlihat lobang yang cukup besar di atas jembatan, sehingga mengakibatkan kendaraan yang melintas di atas jembatan harus bergantian demi menjaga keselamatan agar tidak tergelincir masuk ke dalam lobang,"ungkapnya.

Ditambahkannya, agar dinas terkait yang ada di Kabupaten Tanggamus khususnya ibu bupati agar segera memperbaiki jembatan yang ada di Pedukuhan Banding Agung Pekon Waykerap Kecamatan Semaka.

Hal senada juga di ungkapkan Tab, warga Waykerap agar pihak dinas terkait yang ada di Kabupaten Tanggamus segera memperbaiki jembatan tersebut sebelum jatuh korban.

"Kami sangat berharap supaya pihak Kabupaten Tanggamus segera memperbaiki jembatan yang ada di Pedukuhan Banding Agung sebelum adanya jatuh korban,serta tanggul penahan air yang ada sudah kritis dan membahayakan keselamatan warga,"paparnya.

Perlu diketahui, beberapa bulan yang lewat Pekon Waykerap khususnya Pedukuhan Banding Agung sempat di landa banjir bandang, yang meluluh lantakan sebagian rumah warga akibat tanggul sungai jebol.

Antisipasi dan perbaikan tanggul sungai secara darurat sudah di lakukan oleh pemda Kabupaten Tanggamus akan tetapi hasilnya kurang maksimal, akibatnya sekarang tanggul yang sempat di perbaiki, kembali longsor separuhnya dan sekarang malah mengikis pondasi jembatan yang mengakibatkan kerusakan pada jembatan.

Harapan warga Pedukuhan Banding Agung Pekon Waykerap, supaya tanggul dan jembatan di perbaiki secara permanen.

Mengingat jembatan tersebut satu-satunya akses mobilisasi warga untuk kegiatan sehari-hari untuk mengangkut hasil bumi.


(Hendra)