Peringati Hari Ibu, TP PKK Pusat Gelar Swab Gratis untuk Masyarakat -->

Header Menu

Peringati Hari Ibu, TP PKK Pusat Gelar Swab Gratis untuk Masyarakat

Mediapromoter
Selasa, 22 Desember 2020



Jakarta, Mediapromoter.id - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah melaksanakan swab test gratis bagi masyarakat. Hal itu sebagai langkah penanggulangan dan penularan Covid-19, serta dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92. Hal itu disampaikannya dalam Webinar PKK dengan tema “Revitalisasi Dasawisma untuk Mencapai Ketahanan Keluarga dalam Masa Pandemi Covid-19 secara virtual, pada Senin (21/12/20).


“Dalam memperingati Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 ini, Tim Penggerak PKK secara nasional melaksanakan kegiatan testing yaitu tes rapid atau swab gratis kepada masyarakat yang mana dilaksanakan mulai tanggal 14 Desember yang lalu. Saat ini data yang kami terima bahwa pelaksanaan telah menacapai test kepada 47.332 orang, di mana ternyata ada yang reaktif sebanyak 3.083 yaitu rata-rata sekitar 6,5%,” kata Tri.


Tri berharap pelaksanaan swab gratis untuk masyarakat tersebut dapat menekan angka penularan Covid-19, dengan tak henti menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai kegiatan. “Mudah-mudahanan testing ini akan membuka mata kita semua, kepada masyarakat agar benar-benar berhati-hati karena saat ini Covid-19 bisa menimpa siapa saja dan oleh sebab itu kampanye 3M harus terus dilaksanakan,” ujarnya.


Melalui Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK, selayaknya PKK mampu berkiprah lebih besar dalam menguatkan perannya, di mana saat ini diketahui, bangsa Indonesia masih menghadapi tekanan akibat pandemi Covid-19, sehingga Tim Penggerak PKK berusaha mengambil perannya dalam pencegahan dan penanggulangan terjadinya penularan yang lebih luas terhadap pandemi Covid19.“Oleh sebab itu, kami tidak henti-hentinya melaksanakan edukasi serta sosialisasi, kampanye 3M, serta 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment,” pesan Tri.


Dalam kesempatan yang sama, Tri mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Ia berharap, kegiatan ini dapat membangun kerja sama dan memperkuat sinergitas seluruh kader PKK di Indonesia.


“Terima kasih kepada semua Tim Penggerak PKK, juga kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Pemerintah Daerah, Tim Penggerak PKK Kota/Kabupaten, serta para kader seluruh Indonesia. Dan tak lupa kami mengucapkan kepada ikatan alumni perguruan tinggi kepamongprajaan atau IKAPTK, yang telah bersama selama ini kepada setiap kegiatan kami dan khususnya kegiatan penyelenggaraan test rapid dan swab gratis ini. Mudah-mudahan semua kerja sama kita akan terus berlanjut di masa yang akan datang. Untuk para anggota Tim Penggerak PP serta pengurus di seluruh Indonesia diharapkan kegiatan ini bisa membangun kerja sama, memperkuat sinergitas, dan mengembangkan potensi daerah serta inovasi-inovasi bisa ditingkatkan melalui ATM yakni amati, tiru, modifikasi kemudian publikasikan,” ungkapnya. 


“Selamat Hari Ibu ke-92 Tahun 2020, Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, Keluarga Sejahtera,” ucapnya.