Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Presiden Jokowi: Hukum Harus Dipatuhi dan Ditegakkan untuk Lindungi Masyarakat

Minggu, 13 Desember 2020 | Minggu, Desember 13, 2020 WIB Last Updated 2020-12-13T08:36:34Z


Jakarta, Mediapromoter.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal penanganan hukum dalam beberapa waktu belakangan. Menurut Jokowi, hukum memang harus dipatuhi dan ditegakkan.


"Ini perlu saya tegaskan bahwa negara kita Indonesia adalah negara hukum," jelas Jokowi dalam keterangan persnya, Minggu (13/12/20).


"Oleh karena itu, hukum harus dipatuhi dan ditegakkan. Untuk apa? Untuk melindungi kepentingan masyarakat, melindungi kepentingan bangsa dan negara," sambungnya.


Jokowi mengatakan, sudah seharusnya aparat penegak hukum menjalani tugasnya secara tegas. Presiden meminta kepada masyarakat agar tidak semena-mena dan menaati aturan hukum yang berlaku.


"Dan ingat aparat hukum itu dilindungi oleh hukum dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu tidak boleh ada warga dari masyarakat yang semena-mena melanggar hukum yang merugikan masyarakat. Apalagi membahayakan bangsa dan negara," tegas Presiden.


Presiden Ke-7 itu juga meminta kepada aparat berwenang untuk tidak mundur sedikitpun dalam menegakkan hukum. Kendati begitu, Jokowi berpesan penegakkan hukum tetap harus sesuai dengan aturan yang berlaku.


"Aparat hukum tidak boleh mundur sedikit pun. Tapi aparat penegak hukum juga wajib mengikuti aturan hukum dalam menjalankan tugasnya, melindungi hak asasi manusia dan menggunakan kewenangannya secara wajar dan terukur," tutur Presiden. (ng/bq/hy)

×
Berita Terbaru Update