Notification

×

Indeks Berita

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung Laksanakan Media Gathering Bersama Jajaran UPT Pemasyarakatan

Senin, April 12, 2021 | | views Last Updated 2021-04-12T14:35:09Z



Bandar Lampung, Mediapromoter.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung melaksanakan Media Gathering bersama seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, Senin (12/04/2021). Kegiatan tersebut berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung, tepatnya di Ruang Coffee Bar Lapas Rajabasa.


Dalam kesempatan tersebut Danan Purnomo selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengatakan, Media merupakan mitra kerja bagi kita semua, yang bisa menjadi sarana publikasi kinerja Kementerian Hukum dan HAM di masyarakat. 


"Kita sinergi dengan Media, yang mana media merupakan suatu hal yang dapat membentuk citra yang positif bagi Kementerian Hukum dan HAM. Beberapa informasi terkait dengan kegiatan di Kantor Wilayah, Danan membicarakan tentang MoU yang telah ditandatangani oleh Universitas di Provinsi Lampung dalam urusan Bimbingan Konseling kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di jajaran UPT Pemasyarakatan. Terakhir Danan berpesan agar seluruh UPT Pemasyarakatan terus membangun sinergitas dengan para media di wilayah masing-masing, " katanya pada saat membuka kegiatan.


Hal senada dilanjutkan dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi memberikan beberapa informasi agenda tentang akan diadakannya acara Hari Bhakti Pemasyarakatan di seluruh UPT Pemasyarakatan, yang berupa One Day One Product yang hasilnya nanti akan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak untuk Kementerian Hukum dan HAM Lampung.


Disela-sela kegiatan Kepala Lapas Kelas I Bandar Lampung, Maizar menyambut antusias rekan media yang telah hadir serta meminta kritik dan saran kepada media pada sesi diskusi terbuka ini. 


Terpantau Antusias rekan media akan diskusi yang dibuka dari beberapa awak media mengajukan pertanyaannya. Salah satu pertanyaan yang diajukan Lapas Kelas I Bandar Lampung terkait dengan Persiapan Lapas untuk menyambut Bulan Ramadhan yang kemudian dijawab oleh Maizar tentang pembukaan jam penitipan makanan pada 2-5 Sore hari di Bulan Ramadhan pada Lapas Rajabasa dan telah disiapkan juga bagi WBP yang non-muslim tempat pribadi agar tidak mengganggu umat muslim yang menjalankan puasa.


Pungli


Danan juga memastikan tidak ada lagi oknum pelaku pungutan liar (pungli) yang berkeliaran di setiap lingkungan pemasyarakatan.


"Hal-hal seperti itu (pungli) kita pastikan tidak ada lagi," katanya.


Dia melanjutkan pihaknya bersama KA UPT Pas se-Lampung telah sepakat untuk bersih dari pungli dalam rangka menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM).


"Kita sudah komitmen, jika ada dan ketahuan akan kita selesaikan," kata dia.


Danan menambahkan, selain pungli, pihaknya juga akan membersihkan oknum-oknum yang terjerat dalam kasus narkotika.


Ia juga minta kepada masyarakat yang mengetahui adanya oknum Pungli ataupun oknum yang terlibat dalam peredaran narkotika agar segera melapor sehingga oknum tersebut segera ditindak tegas.


"Jika memang ada kasih tahu, maka akan kita tindaklanjuti. Karena kita semua sedang menuju WBK dan WBBM," kata dia lagi.


(Rd/Yp)