Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mantan Kapolda Lampung Fenomenal Kunjungi Taman Nasional Way Kambas

Kamis, 15 April 2021 | Kamis, April 15, 2021 WIB Last Updated 2021-04-15T09:39:09Z


Lampung Timur, Mediapromoter.id - Mantan Kapolda Lampung 2016 Irjen Pol. (Purn) DR. Hi. Ike Edwin, SH., MH., MM., melanjutkan Road show nya ke berbagai daerah, dan kali ini Dang IKE sapaan akrab Mantan Kapolda Lampung dan mantan Staf Ahli Kapolri tersebut bersama rombongan berkunjung ke kabupaten Lampung timur Kamis (15/4/2021).


Dalam kunjungan ke Kabupaten Lampung timur ini, Dang Ike Edwin beserta rombongan yang didampingi oleh beberapa awak media,di sambut oleh Bupati Lampung Timur Hi. M. Dawam Rahardjo beserta Hj. Yus Bariah di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Way Jepara, Lampung Timur.


Pada kesempatan kunjungan tersebut, Dang IKE bersama dr. Hj. Aida Sofina atau yang akrab disapa Gusti, berkesempatan menunggangi gajah beserta Bupati Hi. M. Dawam Rahardjo dan Hj. Yus Bariah di Rumah Sakit khusus Gajah di Way Kambas, Lampung Timur.


Setelah mencoba menunggang gajah, dilanjutkan dengan sesi dialog santai Dang IKE bersama Bupati Lampung Timur.


Dalam Dialog santai tersebut Bupati yang juga mantan Camat dan mantan Sekretaris Kecamatan tersebut banyak memberikan informasi tentang profil Kabupaten Lampung Timur serta sumber daya di Kabupaten Lampung Timur yang dapat dijadikan sumber Pendapatan Asli Daerah.


Salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas (TNWK), dimana di TNWK ini adalah tempat pelatihan dan pendidikan gajah yang sudah terkenal baik didalam negeri maupun mancanegara, khususnya Asia Tenggara.


Disamping tempat pendidikan dan pelatihan gajah, TNWK adalah salah satu objek wisata Flora dan Fauna, karena di samping tempatnya yang masih alami dengan kondisi hutan dan rawa-rawa, juga terdapat satwa lainnya, seperti Tapir dan Bebek serta satwa lainnya.


Untuk bidang UMKM, Lampung Timur juga ternyata salah satu sentra produksi kain Tapis yang dibina langsung oleh Hj Yus Bariah Dawam selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Timur, apalagi Hj. Yus Bariah adalah seorang Desainer yang handal.


Bahkan menurut keterangan Yus Bariah, Tapis Hasil kerajinan tangan masyarakat Lampung Timur sudah menembus pasar internasional. Saat ini masyarakat Lampung Timur mendapat order dari salah satu perguruan tinggi di Lampung untuk membuat Selempang Tapis untuk mahasiswa wisuda.


"Saat ini masyarakat Lampung Timur yang tergabung dalam kerajinan Batik, mendapat pesanan (Orderan) selempang Tapis dari Universitas Lampung (Unila) untuk keperluan wisuda," jelas Yus Bariah.


Menurut Dang IKE Lampung Timur pada khususnya dan provinsi Lampung pada umumnya sungguh beruntung mempunyai Taman Nasional Way Kambas ini, yang merupakan icon Asia karena satu-satu Taman Nasional di Asia yang dibiayai oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).


Terakhir, harapan Bupati Dawam Rahardjo, "Semoga Pandemi covid-19 ini segera berakhir, agar TNWK bisa di buka kembali untuk umum, karena selama Pandemi covid-19 ini TNWK ini ditutup untuk umum untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten Lampung Timur, khususnya di Taman Nasional Way Kambas ini", pungkasnya.


(Rd/He)

×
Berita Terbaru Update