Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diduga Pengelolaan BumDes Tidak Transparansi, Ini Tanggapan M. Taim

Minggu, 04 Juli 2021 | Minggu, Juli 04, 2021 WIB Last Updated 2021-07-04T15:28:27Z



Lampung Selatan, Mediapromoter.id - M. Taim Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Way Huwi Mandiri (KWHM) Desa Way Huwi Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan, memberikan tanggapan tentang pemberitaan sebelumnya terkait pengelolaan BUMDes yang ada di desa Way Huwi.


Pada pertemuan media dengan Ketua BUMDes KWHM untuk mengkonfirmasi dan menggali lebih jauh terkait pemberitaan tersebut. Minggu (4/7/2021).


Dalam keterangannya, Taim mengatakan, "Saya menjabat sebagai ketua BUMDes KWHM ini baru satu tahun, dan selama kepemimpinan saya, di BUMDes ini masih melakukan pembenahan dan belum bisa berbuat banyak, sebab masih dalam masa transisi kepala desa Way Huwi," terang Taim.


Terkait mengenai keluhan mitra kerja dari BUMDes KWHM tentang tidak terealisasinya isi perjanjian kerjasama dengan mitra SOKLI terutama poin keempat, Taim mengatakan, “Saya membuat perjanjian itu untuk melindungi anggota mitra dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja, mengingat pekerjaan mengelola sampah ini rentan terhadap gangguan kesehatan dan keselamatan kerja karena berkutat dengan sampah dan beling," kata Taim.


Namun belum terealisasinya isi perjanjian kerjasama dengan mitra SOKLI tersebut. Taim juga menjelaskan, "Saya sudah berupaya untuk merealisasikan isi perjanjian kerjasama tersebut terutama poin keempat (BPJS) gratis yang dari kabupaten, namun karena terkendala kuota dari kabupatennya yang terkadang ada kadang tidak sehingga sampai saat ini perjanjian tersebut belum terealisasi," jelas Taim.


Selain daripada itu, Taim juga menambahkan bahwa, "Sejak saya menjabat sebagai ketua BUMDes, ada tiga bidang usaha yang dilakukan/kelola oleh BUMDes KWHM ini, yakni warung Desa, Pengadaan pupuk bagi petani, dan pengelolaan sampah, walaupun saya akui pengelolaan sampah ini masih banyak kendala," tambah Taim.


Mengenai laporan pertanggungjawaban tahunan pengurus BUMDes kepada masyarakat melalui pemerintah desa.


Taim mengatakan, "Untuk laporan pertanggungjawaban pengelolaan Bumdes Karya Way Huwi Mandiri ini, baru akan saya laporkan kepada masyarakat melalui pemerintah desa Way Huwi kecamatan jati Agung pada bulan Juli ini" imbuhnya.


Di tempat terpisah seorang warga yang identitasnya tidak ingin dipublikasikan mengatakan bahwa, Warung Desa (Wardes) yang dikelola oleh BUMDes KWHM buka hanya sekali dalam sebulan, yaitu pada saat akan pembagian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).


(Rd/Yp/Ian)

×
Berita Terbaru Update