Enday Hidayat Apresiasi Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy Dalam Sidang Tahunan MPR -->

Header Menu

Enday Hidayat Apresiasi Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy Dalam Sidang Tahunan MPR

Mediapromoter
Senin, 16 Agustus 2021



Jakarta, Mediapromoter.id - Koordinator Barisan Aktivis Muda (BAM) Indonedia Enday Hidayat mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah mengenakan pakaian khas orang Kanekes atau yang lebih dikenal suku Badui pada sidang tahunan MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/8/2021). 


"Masyarakat Banten dan kita semua tentunya sangat merasa senang Presiden telah mengenakan pakaian Adat Badui itu, sebab tentunya hal itupun menunjukkan warna pikiran presiden yang peduli terhadap masyarakat Adat secara umum", kata Enday saat dihubungi di Jakarta, Selasa. 


Menurutnya, pemakaian baju Adat oleh kepala negara mengingatkan semua pihak atas pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan masyarakat Adat sebagai leluhur Bangsa. 


"Menurut saya, secara general Presiden telah mengingatkan kita semua tentang pentingnya menjaga eksistensi dan hak-hak masyarakat Adat", ujarnya. 


Enday juga berharap simbol yang ditampilkan Presiden Jokowi itu dapat menjadi kado indah bagi masyarakat Adat di moment kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun. 


"Kita mengharapkan simbol pakaian Adat yang digunakan oleh Bapak Presiden ini menjadi kabar menggembirakan bagi masyarakat Adat, yaitu berupa penguatan kebijakan untuk memberi perlindungan bagi hak masyarakat Adat baik itu terkait lingkungan hidup dan kepercayaan memegang teguh tradisi melalui regulasi yang spesifik", lanjutnya. 


Lebih lanjut, Koordinator BAM Indonesia mengajak kepada generasi muda untuk terus menjaga dan mempelajari masyarakat Adat sebagai leluhur Bangsa. 


"Indonesia ini dibangun diatas ikatan kebudayaan dan berbagai masyarakat Adat, kita sebagai generasi penerus bangsa bertanggung jawab untuk menjaga dan mempelajari relasi kehidupan masyarakat Adat, sebab nilai yang terkandung dalam kehidupan masyarakat Adat sejatinya menggambarkan cita-cita bangsa ini", tutupnya.


(Rd/Nto)