Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kembali Lagi, Banjir Bandang di Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus

Selasa, 31 Agustus 2021 | Selasa, Agustus 31, 2021 WIB Last Updated 2021-08-31T08:01:53Z



Tanggamus, Mediapromoter.id - Kecamatan Semaka hampir setiap tahunnya menjadi langganan banjir, sudah dipastikan setiap musim penghujan banjir bandang tidak terelakan lagi, kali ini banjir bandang terjadi mulai pukul 03.00 wib dini hari.


Pekon sukaraja, Pekon Kacapura, Pekon Waykerap, Pekon Pardawaras, Pekon Sedayu dan Pekon Bangun rejo Paling terdampak banjir, salah satu penyebab banjir bandang akibat dari banyaknya lahan di bukit barisan yang berada di atas pekon sedayu banyak mengalami kegundulan serta batu besar di sepanjang aliran sungai banyak di ambil oleh warga sehingga sungai mengalami pendangkalan.

Sudah ada upaya dari pemkab Tanggamus untuk memperbaiki tanggul di bantaran sungai sedayu, akan tetapi sifatnya hanya tanggul darurat dan belum permanen sehingga tidak mampu untuk menahan luapan dan derasnya arus sungai dan berakibat jebolnya tanggul sungai Way Sedayu.

Roni salah satu warga Pekon Sukaraja kepada awak media mengharapkan agar segera di normalisasikan kembali pengerukan sungai Way Sedayu - Bangun Rejo.

"Harapan kami selaku warga pekon sukaraja, kepada pemerintah Derah maupun pemerintah pusat, agar supaya segera menormlasisasikan kembali aliran sungai sedayu - Bangun rejo yang sudah mengalami pendangkalan, dan banyak sudah kerugian warga akibat banjir bandang yang hampir setiap tahun terjadi, " ungkapnya. (31/8/21)

Di tempat yang sama, Dasrur selaku Kabid kedaruratan dan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus, kepada mediapromoter.id mengatakan, ada beberapa rumah yang terendam dan rata-rata di depan rumahn warga terendam air akibat jebolnya tanggul Sukaraja dekat pemakaman.


"Dari pihak BPBD kabupaten Tanggamus, masih melakukan pendataan rumah warga dan kerugian yang dialami dari dampak banjir kali ini, serta tahap awal sudah mulai menutup kembali tanggul sungai yang jebol di sekitaran TPU pekon sukaraja, " pungkasnya.

(Rd/Ndra)
×
Berita Terbaru Update