Masih Banyak Calon Pilkades Serentak 2021 Langgar Surat Edaran Bupati Lampung Selatan, Ini Kata Pengamat Kebijakan Publik -->

Header Menu

Masih Banyak Calon Pilkades Serentak 2021 Langgar Surat Edaran Bupati Lampung Selatan, Ini Kata Pengamat Kebijakan Publik

Mediapromoter
Selasa, 31 Agustus 2021



Lampung Selatan, Mediapromoter.id - Menindaklanjuti terkait Pemberitahuan sebelumnya yang telah naik di Media ini berjudul : Penundaan Penyelenggaraan Pilkades 2021, Diduga Salah Satu Calon Langgar Surat Edaran Bupati Lampung Selatan.


Yang mana dalam isi berita tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan telah mengeluarkan surat edaran terkait penundaannya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021 di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan.


Penundaan itu secara resmi tertuang dalam Surat Edaran Bupati Lampung Selatan dengan Nomor : 140/2518/IV.13/2021 tertanggal 16 Juli 2021 perihal Penundaan Pelaksanaa Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021.


Berbagai Point dalam surat edaran tersebut telah ditetapkan seperti Point D yang menjelaskan, "Agar para Calon Kepala Desa dan semua pihak tidak melakukan kegiatan kampanye dan pengumpulan masa pada saat dilakukan penundaan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa sampai dengan adanya ketentuan pengaturan lebih lanjut".


Tetapi banyak para Calon Kepala Desa Wayhuwi Kecamatan Jati Agung yang melanggar Surat Edaran Bupati Lampung Selatan tersebut.


Yang ditemukan di lapangan oleh Mediapromoter.id, banyak Banner-banner para Calon Kepala Desa terpampang di Pinggir-pinggir jalan dan di berbagai pohon yang ada di pinggir , Jl. Airan Raya, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.


Dalam berita sebelumnya, Calon Kepala Desa Wayhuwi bernama Arsalim pun berkampanye di dunia Digital seperti Media Online ataupun Media Sosial. Tetapi berbeda dengan Ahmad Yani yang dengan jelas terpampang Poster tentang dirinya yang mencalonkan sebagai Calon Kepala Desa Wayhuwi disekitar Jl. Airan Raya, Wayhuwi, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan. (31/8/21)


Dalam hal tersebut diduga masih kurang Sosialisasi ataupun Edukasi terhadap Para Calon Kepala Desa Wayhuwi Kecamatan Jati Agung Oleh Ketua Panitia Pelaksanaan Pilkades ini.


Cecep Supriyadi selaku ketua panitia pelaksana Pilkades mengatakan, belum sampai proses pengawasan terkait bila ada pelanggaran yang dilakukan oleh para Calon Kepala Desa, karena kami hanya sebatas mensosialisasikan saja.


"Kalau seandainya ditemukan salah satu calon melakukan kampanye, kami panitia akan memberikan surat peringatan dan apabila masih tetap melaksanakan kampanye maka akan kami bubarkan, karena kami selaku pantia cuman dikasih kewenangan seperti itu sesuai dengan revisi UU pemilihan no 19 dan kami tidak di beri kewenangan untuk mengambil tindakan", jelasnya.


Masih kata Cecep Supriyadi, kalau tahapan pilkades masih sampai pengambilan no urut saja sesuai dengan surat edaran kemendagri tentang di tundanya pilkades karena masih masa PPKM, dan apabila ditemukan pelanggaran di lapangan maka masyarakat tetap harus pelaporan lewat panitia pilkades.


Disisi lain, Dedy Hermawan selaku Pengamat Kebijakan Publik Universitas Lampung (Unila), saat dimintai konfirmasi tekait tentang surat edaran Bupati lampung selatan, mengatakan jika surat edaran bupati tersebut memiliki hal yang paling mendasar karena tentang keselamatan jiwa warga.


"Dengan di terbitkannya surat edaran bupati terkait PPKM, maka di semua lini harus mengikuti batasan-batasan yang sudah di tentukan tidak terkecuali politik, yang dalam hal ini juga tentang pemilihan kepala desa serentak yang akan dilaksanakan di lampung selatan semua yang terlibat harus mematuhi protokol kesehatan dan PPKM", ucapnya kepada Mediapromoter.id (29/8/21).


Disinggung lebih lanjut lagi soal surat edaran bupati tentang PPKM di point D yang melarang calon Kepala Desa dilarang kampanye, ia menyatakan jika ada calon kades yang melanggar point tersebut konsekuensinya bisa teguran, peringatan bahkan sampai di disc kualifikasi sesuai aturan kesepakatan yang telah di bentuk di dalam aturan tersebut.



(Red)