Tekan Stunting, Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan Beri Asupan Gizi Tambahan kepada Balita di Sragi -->

Header Menu

Tekan Stunting, Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan Beri Asupan Gizi Tambahan kepada Balita di Sragi

Mediapromoter
Kamis, 19 Agustus 2021



Lampung Selatan, Mediapromoter.id - Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto mengunjungi Desa Sumber Sari yang menjadi salah satu desa lokus stuting di Kecamatan Sragi, Kamis (19/8/2021).


Mengusung misi sebagai Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Winarni menyerahkan bantuan asupan gizi tambahan berupa susu dan telur kepada empat balita kurang gizi di desa setempat. Selain itu, mereka juga menerima bantuan tempat cuci tangan pakai sabun.


Dalam kunjungannya, Winarni turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan Joniansyah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Yani Thamrin dan Tim Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan.


Pada kesempatan itu, Winarni mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayuran, ternak ikan, ayam untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.


“Ini membutuhkan gotong royong semua pihak. Para Kepala Desa dan Ketua TP PKK ajak seluruh masyarakatnya untuk memanfaatkan lahan pekarangan. Berikan penyuluhan, bantuan bibit ternak bagi yang tidak mampu. Lakukan pembinaan kepada para kader-kader Posyandu desa,” ujar Winarni.


Menurut Winarni, masalah stunting adalah masalah bersama. Dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk menanganinya.


Dengan adanya kegiatan pemanfatan lahan pekarangan, Winarni berharap dapat membantu percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Lampung Selatan.


“Kira harus cepat menangani stunting di desa. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk memperhatikan para calon generasi penerus bangsa,” kata istri Bupati Lampung Selatan ini.


Lebih lanjut Winarni menyampaikan, pemenuhan gizi mandiri berkelanjutan adalah tanggung jawab orang tua.


Untuk itu, dirinya meminta kerja sama yang baik antara kader Posyandu, Tim Swasembada Gizi tingkat desa, aparatur desa dan seluruh tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda di desa.


“Para Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, dan Bidan Desa ayo kita bergotong royong dalam pemenuhan gizi mandiri berkelanjutan,” imbuhnya.


Selain itu, pada kesempatan itu Winarni juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di masa pandemi yang belum berakhir.


“Kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan aparatur desa, ayo kita ajak seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Lakukan vaksinasi dan mari kita bersama-sama berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita selalu dilindungi dan dijauhkan dari segala macam penyakit,” pungkasnya.


(Rd/Udin)