Komnas PA Bandarlampung Ikuti Rapat Koordinasi Penyediaan Layanan Rujukan Bagi Korban Kekerasan Perempuan dan Anak -->

Header Menu

Komnas PA Bandarlampung Ikuti Rapat Koordinasi Penyediaan Layanan Rujukan Bagi Korban Kekerasan Perempuan dan Anak

Mediapromoter
Rabu, 08 September 2021



Bandar Lampung, Mediapromoter.id - Komnas PA Bandar Lampung mengikuti Rapat Koordinasi Penyediaan Layanan Rujukan Lanjutan Bagi Perempuan dan Anak Korban Kekerasan di Kota Bandar Lampung dilaksanakan oleh Dinas PPPA Kota Bandar Lampung (8/9/2021).


Kegiatan bertempat di Ruang Rapat Dinas PPPA Kota Bandar Lampung. Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PPPA beserta jajaran, UPTD PPA Provinsi Lampung, RSUD Abdul Muluk, RSUD Dadi Tjokrodipo, Dinkes Kota Bandar Lampung dan lembaga terkait lainnya. 


Dalam Rapat tersebut Komnas PA Bandar Lampung melalui Ketua Ahmad Apriliandi Passa, Menyambut baik atas terselenggaranya Rapat antar lembaga Perlindungan Perempuan & Anak di Kota Bandar Lampung dan juga menyambut baik atas digulirkannya DAK (Dana Alokasi Khusus) yang digulirkan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk Kota Bandar Lampung sehingga pembebanan biaya pemeriksaan medis terkait korban kekerasan perempuan dan anak seperti Visum et repertum/VeR, pemeriksaan psikiater dan pemeriksaan terkait korban kekerasan dapat dicover dari alokasi ini dan dapat memberikan layanan yang baik bagi Masyarakat Kota Bandar Lampung melalui pelayanan yang lebih baik dari rumah sakit - rumah sakit rujukan.


Terkait rumah sakit rujukan, tentunya ketika akan melakukan pemeriksaan harus membawa surat dari pihak kepolisian dan lembaga terkait. 


Kemudian visum di rumah sakit rujukan di Kota Bandar Lampung yang dapat melayani pemeriksaan visum saat ini adalah RSUD Dadi Tjokrodipo dan RSUD Abdul Muluk. 


Menurut Dokter Ahli Forensik dari RSUD Abdul Moeloek dr. Alberta Carolina  ke depan sebaiknya pemeriksaan Forensik dapat dilakukan di Puskesmas terdekat di Kota Bandar Lampung sehingga hasil visum yang ada dapat lebih cepat di lakukan dan hasil dari visum sebagai alat bukti yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian pada kekerasan Perempuan dan anak dapat lebih kuat karena luka tubuh yang dijumpai pada korban kekerasan masih mudah dapat ditemui dibanding pelukaan yang sudah lama/sudah melalui proses penyembuhan. 


"Untuk itu Dinas PPPA Kota Bandar Lampung akan berusaha melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung dan Puskesmas terkait agar visum dapat dilakukan di seluruh Puskesmas Kota Bandar Lampung," Pungkasnya.


(Rd/Yp)