Notification

×

Indeks Berita

Desa Sabahbalau Adakah Pembentukan Pengurus Karang Taruna Periode 2021-2026

Minggu, Oktober 24, 2021 | | views Last Updated 2021-10-26T17:21:20Z


Lampung Selatan, Mediapromoter.id - Warga masyarakat desa Sabah balau kecamatan Tanjung bintang kab. Lampung Selatan mengadakan pemilihan ketua karang taruna tingkat desa pada hari Minggu malam pukul 19:30 WIB tanggal 24 Oktober 2021 di aula balai desa setempat. 


Forum musyawarah dan mufakat ini dihadiri oleh kepala desa Sabah balau Pujianto ,Babinsa Sabah balau Peltu E. Yurizal. Para Kepala dusun, para ketua RT, tokoh agama, tokoh masyarakat,tokoh pemuda,dan warga masyarakat serta warga karang taruna desa Sabah balau. 


Warga masyarakat yang tergabung dalam forum musyawarah tersebut meliputi dari berbagai dusun tepatnya terdapat tujuh dusun yang ada di desa Sabah balau dengan masing masing dusun menyiapkan calon kandidat sebanyak lima orang pemuda dan pemudi bertujuan untuk pembentukan kepengurusan karang taruna desa untuk keperluan struktural berupa ketua,wakil ketua, sekretaris, bendahara dan dan berbagai divisi atau seksi kordinator lainnya dengan pemilihan sistem voting.


Merujuk pada peraturan menteri sosial republik Indonesia nomor 25 tahun 2019 BAB 1 Ketentuan umum pasal 1 poin ke-1 dalam peraturan menteri ini yang dimaksud dengan Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.


Dalam hal ini kepala desa Sabah balau Pujianto menyampaikan mengingat masa kepengurusan karang taruna sebelumnya sudah habis masa jabatannya sehingga perlu diadakan pembentukan kepengurusan karang taruna yang baru.


"Alhamdulillah malam ini sudah terbentuk dengan susunan karang taruna Seperti ketua dan jajarannya".


Menurut nya (Pujianto) karang taruna sangat menunjang kegiatan desa Sabah balau untuk kepentingan masyarakat dan ia berharap dengan adanya karang taruna ini desa Sabah balau akan semakin maju dan pihaknya sangat mendukung.


"Kuncinya karang taruna mau sama sama maju desa juga pasti mendukung selagi itu benar benar untuk kepentingan masyarakat, imbuhnya"


Terpisah, Rendra Adi Saputra (27) selaku ketua karang taruna terpilih menyampaikan malam ini (24/10) mendapatkan undangan dalam rangka pembentukan kepengurusan karang taruna tingkat desa kemudian terpilih sebagai ketua untuk mengembangkan karang taruna desa Sabah balau. 


"Ini merupakan tugas atau amanah dari masyarakat, untuk itu kami dan rekan rekan yang lain terpilih dan masuk dalam struktur kepengurusan karang taruna desa Sabah balau periode tahun 2021-2026 tentunya siap menjalankan program kerja karang taruna dengan penuh rasa syukur dan bangga demi kemajuan desa kami tercinta khususnya para generasi muda"


Langkahnya (Rendra) menuturkan kedepannya Bergerak untuk meminta pemerintah desa bekerjasama dalam hal legalitas kepengurusan karang taruna.


"Dengan adanya kepengurusan karang taruna ini dan sudah terbentuk secara struktural maka perlu untuk diresmikan sesuai prosedur yang ada. Dan kami bersama rekan rekan yang lain akan melengkapi data data yang diperlukan untuk hal legalitas organisasi, kalau sudah resmi dan diakui atau dikukuhkan oleh kepala desa maka kami nyaman untuk menjalankan tugas dan program kerja kedepannya"


(Rd/Din/Lis)